• Identitas
  • Struktural

A.          SEJARAH BERDIRINYA PROGRAM STUDI

Program studi ini didirikan pada tahun 1984 dengan SK Mendikbud Nomor 0637/O/1984 tanggal 27 Desember 1984. Mulanya bernama Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dibawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kuningan. Pada awalnya, program studi ini menyelenggarakan program pendidikan jenjang D-3. Kemudian pada tahun 1988 mulai menyelenggarakan program pendidikan jenjang S-1. Program studi ini memiliki izin penyelenggaraan terakhir berdasarkan Surat Koordinator koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Nomor 4900/D/T/K-IV/2010 bertanggal 20 Desember 2010. Sejak tahun 2016 s.d. tahun 2021, Program Studi PBSI memperoleh status "Terakreditasi " dengan peringkat "A"  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-IT). Peringkat akreditasi terakhir diumumkan melalui Keputusan BAN-PT Nomor 0102/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2016 tertanggal 5 Maret 2016.

B.          Visi

            PADA TAHUN 2032 MENJADI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG UNGGUL DAN BERKOMITMEN TINGGI TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SERTA MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERKARAKTER DAN PROFESIONAL

C.          Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.

2.      Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

3.      Mengadakan pengabdian kepada masyrakat dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesaatraan dengan melibatka dosen dan mahasiswa

4.      Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.

5.      Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.

6.      Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan  konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.

7.      Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.

8.      Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

9.      Menyelenggarakan pendidika karekter yang terintegrasi dalam setiap perkuliahan demi menciptakan lulusan yang berkerakter

10.   Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

D.          Tujuan

1.      Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

2.      Menghasilkan lulusan yang terampil melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

3.      Menghasilkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan Sastra

4.      Menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab, bermoral, dan mencintai profesi sebagai guru dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

 

IFAH HANIFAH, M.Pd

IFAH HANIFAH, M.Pd

Ketua Program Studi PBSI

ARIF HIDAYAT, M.Pd

ARIF HIDAYAT, M.Pd

Sekretaris Program Studi PBSI

AAN ANJASMARA, M.Pd

AAN ANJASMARA, M.Pd

Kepala Dapur Sastra